Pages

Senin, 28 Juni 2010

Persiapan Perlengkapan Untuk Bersalin

Bahagia rasanya sebentar lagi akan tiba saat yang dinantikan yaitu hari kelahiran sang buah hati tercinta. Kapan persiapan perlengkapan ini bisa dimulai?  Sebaiknya memasuki minggu ke 36 semua perlengkapan ini harus sudah disiapkan agar tidak terburu – buru jika sewaktu – waktu tiba saatnya untuk melahirkan. Meskipun tanggal perkiraan bersalin bisa maju 2 minggu lebih awal dan ada pula yang mundur 2 minggu.


Selain bertanya pada keluarga atau teman yang sudah berpengalaman,  ada baiknya jika anda juga menanyakan langsung pada bidan, perlengkapan apa saja yang perlu dibawa. Sehingga kita tidak perlu membawa banyak barang yang ternyata sudah  difasilitasi oleh tempat bersalin baik di klinik maupun di rumah sakit.


Nah sebelum ke rumah sakit atau ke klinik bersalin mari  kita cek sekali lagi kelengkapan  dan catatan persiapann isi tas atau koper yang akan di bawa ke rumah sakit atau klinik bersalin.


1.     Perlengkapan mandi ibu dan pernak – pernik perlengkapan ibu


Sabun mandi,sikat gigi, pasta gigi, shampoo, lotion, baby oil, bedak, lipstik, sisir, kaca cermin. Tisu / sapu tangan, kapas pembersih, pembalut ibu bersalin, peniti, ikat rambut, Sandal untuk ke kamar mandi.



2. Perlengkapan pakaian ibu


Pakaian dalam untuk 3 hari, bra khusus ibu menyusui, kemeja atau baju khusus berkancing depan untuk ibu menyusui, baju ganti semi formal, kain atau sarung 2 buah, waslap 2 buah, handuk, kaus kaki.


3.     Alat pompa ASI


Alat ini tidak harus, kecuali jika dengan memerah menggunakan tangan masih belum bisa mengosongkan secara tuntas. Siapkan penyambung puting payudara jika ada masalah dengan bentuk puting payudara yang datar .


4.     Perlengkapan untuk menunggu proses persalinan


Jika sudah menyiapkan musik relaksasi boleh dibawa, buku bacaan, buku doa atau majalah favorit untuk mengisis waktu saat menunggu proses persalinan, permen dan makanan ringan.


5.     Tas plastik


Hal ini tampaknya sepele tetapi diperlukan untuk menyimpan pakaian kotor yang akan dibawa pulang dan tempat ari – ari bayi ( ada beberapa rumah sakit dan klinik sudah menyediakan)


6.     Obat – obatan yang biasa digunakan.


Misalnya mudah alergi atau mempunyai riwayat asma,jangan lupa obat hirup / obat sprayer yang digunakan selalu dibawa. Bila mengkonsumsi obat hipertensi atau obat tiroid maupun obat lain yang sedang dalam penggunaan selama kehamilan, minyak kayu putih atau minyak gosok yang biasa digunakan.Semua perlengkapan obat – obatan didekatkan dengan persiapan yang akan dibawa agar tidak lupa.


7.     Catatan riwayat alergi


Riwayat alergi ini baik obat – obatan maupun makanan,  kartu golongan darah bila ada. Beritahukan secara lengkap pada bidan yang merawat di ruang bersalin.


8.     Pakaian bayi


Sebaiknya ditanyakan dahulu pada bidan apakah memang diperlukan pakaian bayi. Pada umumnya di rumah sakit semua bayi mengenakan pakaian dari rumah sakit. Perlu di siapkan satu stel pakaian bayi lengkap dengan selimut untuk persiapan membawa bayi pulang.


9.     Surat  – surat penting.


Misalnya sutar kontrol atau surat pengantar dokter untuk bersalin, surat tanggungan asuransi atau tanggungan perusahaan.Fotocoppy surat nikah catatan sipil dan KTP atau KSK sebagai persyaratan mengurus surat keterangan kelahiran.


10.    Alat komunikasi


Misal HP dan alat charger, Dompet.


Nah selamat mempersiapkan  semua keperluan bersalin yang bisa disusun mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar