Pages

Senin, 28 Juni 2010

Sexual Pada Masa Nifas

Hal-hal yang mempengaruhi sexual pada Masa Nifas adalah :



  1. Intensitas respon sexual berkurang, ini disebabkan karena perubahan faal pada tubuh. Tubuh menjadi tidak atau belum sensitive seperti dulu kala.

  2. Rasa lelah akibat mengurus bayi mengalahkan minat untuk bermesraan.

  3. Bounding dengan bayi menguras semua cinta kasih sehingga waktu tak tersisa untuk pasangan.

  4. Kehadiran bayi dikamar yang sama membuat ibu secara psikologis tidak nyaman berhubungan Intim.

  5. Pada minggu pertama setelah persalinan, hormone estrogen menurun, hal ini mempengaruhi sel-sel pensekresian cairan pelumas vagina alamiah berkurang, sehingga menimbulkan rasa sakit bila berhubungan sexual, maka perlu adanya bantuan pelumas atau rubrikan.

  6. Ibu mengalami let doun ASI, sehingga respoun terhadap orgasme sexual mereka mungkin juga merasakan rangsangan sexual pada saat menyusui. Respon fisiologis ini dapat menekan ibu kecuali mereka memahami bahwa hal ini adalah normal.



Terus bagaimana cara mengatasinya?????
Solusi untuk mengatasi permasalahan diatas antara lain adalah sebagai berikut :



  1. Biasanya Dokter atau Bidan memberikan batasan rutin 6 minggu pasca persalinan, tetapi jika pasangan ingin lebih cepat, konsultasikan masalah ini, karena Dokter atau Bidan mengetahui dengan pasti jenis persalinan, kondisi perineum, bekas luka episiotomy, dan kecepatan pemulihan yang sesungguhnya. Jika permintaan ditolak oleh Dokter atau Bidan, taati nasehatnya karena menunggu hingga 6 minggu pasca persalinan tidak akan menyakitkan secara fisik.

  2. Ungkapkan cinta dengan cara lain seperti duduk berpelukan di depan TV, menggosok punggung pasangan, dan berdansa berdua. Jika tidak lelah, bisa membantu melakukan mastrubasi jika sama-sama menginginkan, boleh juga melakukan hubungan intim secara oral . Namun tidak ada keintiman yang lebih memuaskan dari pada yang timbul saat berbaring berpelukan.

  3. Program kontrasepsi harus segera pada pertimbangan sebelum hubungan sexual karena dapat hamil kembali kurang dari 6 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar