Pages

Jumat, 29 Oktober 2010

Vitamin E sebagai Antioksidan

Vitamin E adalah antioksidan larut lemak dan merupakan salah satu pertahanan tubuh terhadap radikal bebas. Peran utamanya adalah menghantikan reaksi rantai radikal bebas yang memproduksi lebih banyak radikal bebas. Vitamin E melindungi sel-sel dan membran dari kerusakan. Vitamin E tidak hanya melindungi sebagai antioksidan yang asam lemak jenuh ganda, namun juga melindungi senyawa larut lemak lain (seperti vitamin A). Vitamin E mengurangi risiko penyakit jantung dengan melindungi LDL dan mengurangi inflamasi.


Kekurangan vitamin E karena asupan yang kurang pada manusia jarang terjadi. Kekurangan vitamin E biasanya terjadi karena adanya penyakit yang terkait dengan malabsorpsi lemak.


Vitamin E banyak terdapat pada makanan. Sumber vitamin E yang utama adalah minyak sayur dan hasil olahannya seperti margarin dan salad dressings. Kuning telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan juga merupakan sumber vitamin E.Vitamin E rusak karena proses pemanasan seperti menggoreng dan oksidasi. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber vitamin E segar (sebelum melalui pemanasan yang berarti)  untuk mendapatkan sumber vitamin E yang baik. Angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin E adalah 15 mg/hari untuk orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar